Sunday, March 31, 2019

Baper Yuk

Coretan Maret
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillah, akhirnya bisa juga ngeposting coretanku pada bulan ini. Maaf ya guys, penulis sedang (sok)sibuk, jadi akhir bulan baru publish. (Woy besok udah ganti bulan padahal)
*Alasan ae nih mimin
Oke deh kalau gitu, kali ini saya akan membahas tentang perlunya kita baper. Kenapa sih harus baper? Baper dalam hal apa aja yang perlu dibaperin?? So, let's cekidot...

Baper atau singkatan dari bawa perasaan, istilah yang sekarang sering digunakan para kawula muda untuk menyebut suatu perasaan yang menyangkut kehadiran hati terhadap sesuatu. 
Baper ini sangat perlu, bahkan ada yang wajib dilakukan. Eits, tapi nggak sembarang baper lho gaes..
Jadi, kita perlu baper dalam hal apa aja?

1. Baper dalam beribadah
Beribadah kan banyak nih gaes, nanti enggak cukup lagi mungkin aku tulis beberapa aja ya..

-Baper saat sholat
Jadi teman2, baper jenis ini itu.. SUNGGUH SANGAT PENTING SEKALI BANGET GAESS
*capslock jebol *alay bangetsih
Eh tapi beneran, ini penting banget. Karena tanpa ini, sholat seseorang akan kehilangan esensinya.
Jadi teman2, sholat yang sempurna itu ada 3 komponen, yaitu :
*Gerakan yang benar
*Bacaan yang tartil
*Kehadiran kekhusyukan hati

إِنَّ الرَّجُلَ لَيَنْصَرِفُ وَمَا كُتِبَ لَهُ إِلاَّ عُشْرُ صَلاَتِهِ تُسْعُهَا ثُمُنُهَا سُبُعُهَا سُدُسُهَا خُمُسُهَا رُبُعُهَا ثُلُثُهَا نِصْفُهَا

Ketika seseorang selesai dari shalatnya, pahala yang dia dapatkan hanya 1/10 shalatnya, atau 1/9 atau 1/8 atau 1/7 atau 1/6 atau 1/5 atau ¼ atau 1/3, atau setengahnya. (HR. Abu Daud 796 dan dishahihkan al-Albani).

Nah, hadits itu menyebutkan betapa pentingnya kita agar menghadirkan hati saat sholat. Karena pahala dan nilai sholat sangat ditentukan dengan kehadiran hati kita di dalamnya. Jika kita sangat sedikit sekali mengingat Allah, maka pahala yang kita dapatkan juga sedikit atau bahkan tidak ada nilainya. Hanya menggugurkan kewajiban saja. Hmm sayang banget kan? Apalagi ngeri juga kalau kita sudah sholat seumur hidup kita, berpuluh2 tahun, eh tapi enggak diterima cuma gara gara sholat kita nilainya kosong. Kalau udah gitu gawat banget kan,?
Coba kita pikir lagi, sholat itu salah satu momen kita bisa face to face (muwajahah) sama Allah. Dan momen ini cuma ada 2 lhoo yaitu : ketika dihisab dan ketika sholat. Coba kalau kalian dapat kesempatan untuk ketemu presiden, pasti kalian akan mempersiapkan diri sebaik mungkin kan? Entah beli baju bagus, atau mandi. Atau nanti mau ngapain, bagaimana sikap kita, iya kan? Kita nggak mau jika kedatangan kita akan meninggalkan kesan negatif cuma misal gara2 kentut di depan pak presiden kan? Wkwkwk.
Itu masih presiden teman, cuma kepala negara. Sedangkan saat sholat, siapa yang kita hadapi? Bukan cuma kepala negara, atau bahkan penguasa dunia. Tapi penguasa seluuuruh alam semesta.
Padahal kalau dilihat secara astronomis, bumi itu seperti debu di luar angkasa. Bayangkan aja, bumi sama Jupiter itu kayak jarum pentul dan bola basket. Dan jupiter dengan matahari juga kayak jarum pentul dan bola basket. Dan matahari itu cuma salah satu bintang pusat tata surya lho. Masih banyak bintang2 lain di luar tata surya kita seperti matahari yang juga dikelilingi planet2 (contohnya yang terdekat Alpha Centauri)  dan banyak yang jauuh lebih besar daripada Matahari. Dan kumpulan dari tata surya tersebut membentuk galaksi Milky Way atau di Indonesia disebut Bimasakti. Dan kalian tahu, banyak galaksi yang ukurannya berkali2lipat dari Milky Way. Dan kumpulan beratus ribu galaksi tersebut membentuk cluster2 yang kumpulan beratus ribu cluster tersebut juga membentuk super cluster. Nah, super cluster kita adalah Virgo dan itu adalah bagian dari supergugus Laniakea, dan diduga supergugus Laniakea adalah masih bagian dari suatu kumpulan yang lebih besar. Kumpulan yang lebih besar tersebut juga masih sebagian kecil dari observable universe. Dan masih banyak bagian dari universe yang belum bisa diamati manusia, MaasyaAllah. Jadi kalau alamat kita ditulis lengkap : Misal
Jalan Simpang Ijen, No. 50, Kelurahan Oro oro dowo, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur, Indonesia, Asia Tenggara, Asia, Bumi, Tata surya, Bimasakti/Milkyway, Cluster lokal, Super Cluster Virgo, Supergugus Laniakea, Alam semesta.

Dan hebatnya lagi, luar angkasa itu cuma 1 bagian dari 7 langit yang ada di alam ini. Dan semua itu nyata tersaji diatas kita ini. Lihatlah langit dan bayangkan, dan itu nyata. Betapa besarnya kuasa Allah. Dan itu baru ciptaannya saja ya, apalagi yang punya. Kita ini kecill banget gaes. Jadi..masih gak malu menghadap ke yang maha kuasa acak acakan? *Maaf out of topic aku memang excited banget kalau udah bahas besarnya alam semesta 😖

2. Baper ketika melihat orang shaleh/shaleha
Waduh, iya banget nih. Apalagi kalau orangnya putih, cantik dan ganteng. Iya gak? ;)
Eitss............ stop dulu, gawat ini.
Maksudnya bukan baper ke orangnya lhoo...
Jadi, maksudnya ini kita baper ke amal2 yang dilakukan para orang shaleh dan shaleha.
Kita kan tahu juga yak, semua orang itu punya 24 jam. Tapi kok ada yang bisa meraih ini, itu, kualitas imannya kok bisa lebih? Kenapa kita enggak?
Sebenarnya, semua bisa kok. Tinggal kita ini mau atau tidak? Mau berusaha, mau berdoa. Tidak malas malasan *seperti mimin yang suka molor di kelas*

3. Baper saat bermuhasabah

Ini nih yang sering banget dilupakan sama orang orang especially kids zaman now. Dari 24 jam itu, berapa jam yang kita habiskan untuk mengingatNya? Oh, atau bahkan berapa menit, detik atau tidak samasekali?
Tidak ada keinginankah buat punya quality time sama Dia? Sendirian aja diatas sajadah sambil netesin air mata, meminta, dan menyesali dosa yang udah kamu lakukan. Lhawong keluarga aja yang cuma merawat kamu punya, lha Dia yang menciptakan, mencukupi dan memberikan segalanya ke kamu masak mau enggak dikasi waktu berdua? Yakin dosamu udah diampuni? Ingat, semua dosa sekecil apapun akan dihisab gaes. Dan jangan lupakan fakta bahwa 1 hari di akhirat = 1000 tahun di dunia🙁 wihh ngeri..

عَن أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى ، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِى ، فَإِنْ ذَكَرَنِى فِى نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِى نَفْسِى ، وَإِنْ ذَكَرَنِى فِى مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِى مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا ، وَإِنْ أَتَانِى يَمْشِى أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً »

Dari Abu Hurairah –radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat). Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan (biasa), maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat.” (HR. Bukhari no. 6970 dan Muslim no. 2675).

Coba bayangkan kalau kita di ingat2 sama, hmm misalnya sama orang terkenal, kayak artis, atau pemimpin negara, atau misal ketua pbb?
Pasti suatu kehormatan banget kan?
Nah apalagi kalau kita di ingat sama Allah, yang menguasai seluruh jagad raya ini termasuk orang2 terkenal tadi. Itu adalah definisi keren yang sesungguhnya 😎

Itu adalah suatu sangatt kehormatan bangett. *Ih alay*

Itu aja yah, pembahasan bapernya. Mungkin teman2 bisa menambahkan baper2 yang lain di kolom komentar😊
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

No comments:

Post a Comment

Cegah Anak Kecanduan Gadget dengan Lolipop

Gejala kecanduan gadget menurut Wardhani, 2018: 1. Memegang dan bermain gadget lebih dari 5 kali dalam sehari 2. Merasa bingung, resah, da...